104,2 Yes Radio Kebanggaan Cilacap

Berita

Parade Budaya Lengkapi HUT Cilacap

21 Maret 2013 - Berita

YES RADIO, Cilacap - Mewarnai prosesi hari jadi Cilacap ke-157 siang tadi digelar Parade Budaya.
Acara yang berlangsung di alun-alun itu diikuti oleh 24 peserta utusan dari 24 kecamatan yang menampilkan beragam kesenian.
Diawali penampilan dari Kecamatan Dayeuhluhur yang menyuguhkan kesenian jaipong dipadu dengan calung Banyumasan, disusul Kecamatan Cilacap Utara, Cipari, Karangpucung, serta Sampang masing-masing dengan kesenian Calung dan Cilacap tengah menyajikan kesenian rebana.
Selanjutnya kentongan atau thek-thek ditampilkan peserta Kecamatan Kesugihan dan Jeruklegi, serta Sidareja, Kecamatan Nusawungu dan Majenang serta Cimanggu dan Adipala dengan kesenian ebeg atau kuda lumping serta Kecamatan Kroya dengan kesenian cowong atau jaelangkung.
Penampil berikutnya dari Kecamatan Cilacap Selatan yang menggambarkan budaya Sedekah Laut, disusul kesenian rampak kendang dari Kecamatan Patimuan yang cukup mendapat perhatian dari penonton.
Sedangkan penampilan kisah Jaka Tarub dan selendang Dewi Nawangwulan disuguhkan peserta dari Kecamatan Kedungreja Kecamatan Maos menampilkan tari kreasi Maos Makmur, Binangun dengan Memetri Bumi, Gandrungmangu kesenian doger dan Bantarsari menunjukan kesenian Banceran Cakil serta Kampung Laut menampilkan tari nelayan.
Di hadapan Bupati dan anggota muspida serta seluruh pejabat pemkab yang berada di panggung kehormatan para penampil mendapat kesempatan waktu lima menit untuk beratraksi sebelum akhirnya menyusuri Jalan A.Yani dan finish di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap – Imam Yudianto menyebutkan ini merupakan event tahunan sejak 4 tahun terakhir yang intinya melestarikan kebudayaan lokal.
Sebab dipastikan semua kecamatan memiliki ciri khas masing-masing dan harus dipertahankan.
Sementara pantauan Yes Radio acara parade budaya siang tadi kurang mengundang antusias warga tidak seperti yang digambarkan sebelumnya.
Sebelum parade budaya digelar upacara HUT Cilacap ke-157 yang berlangsung di halaman Pendopo Kabupaten.
Yang berbeda dari upacara ini adalah dengan penampilan bupati dan pejabatnya serta anggota muspida yang mengenakan pakaian adat Jawa beskap dan kebaya.
Acara dilanjutkan dengan prosesi di alun-alun dalam rangkaian pesta rakyat.
Ikut mewarnai pesta rakyat adalah suguhan makanan gratis dengan berbagai menu yang ternyata lebih banyak dinikmati oleh kalangan PNS. (idp/san/210313)


*Foto : Rampak Kendang, kesenian dari Kecamatan Patimuan ini memadukan unsur Budaya Sunda dan Banyumasan.
 

(#282 views)

          Share on Facebook

(0)

LAYANAN KAMI

Media informasi dan promosi yang efektif dan terpercaya. ...

AGENDA

April 2014
MSSRKJS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930