Berita

Puncak Jojok Telu, Surga Wisata Alam Baru di Cilacap

14 Maret 2019 - Berita

YES RADIO, Cilacap : Geliat wisata alam yang dikelola oleh masyarakat desa di Cilacap semakin menggairahkan.

Salah satu yang terbaru adalah wisata alam Puncak Jojok Telu di Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu yang digadang-gadang menjadi surganya desa wisata setempat.

Kadiyanto selaku Pendamping Lokal Desa (PLD) setempat menceritakan Puncak Jojok Telu menawarkan potensi alam yang indah dan menggoda.

Suasana khas pedesaan dengan balutan budaya, adat istiadat, masyarakat yang ramah, harmonis serta keindahan alam terjaga karena kepedulian masyarakat terhadap pelestarian  lingkungan.

Puncak Jojok Telu sangat cocok bagi penikmat alam desa karena lokasi yang sejuk dan tenang bahkan sangat cocok untuk penghobi camping.

“Pagi hari disuguhi indahnya matahari yang terbit di antara Gunung Slamet  udara sejuk dan semilir angin. Saat matahari terbenam akan nampak pesona langit kemerahan diantara pohon pinus” ujar Kadiyanto.

Bagi penyuka swafoto, lanjut dia puncak Jojok Telu menawarkan spot foto dari berbagai sudut pandang yang begitu menakjubkan, alami dan memikat.

Hampir setiap sore apalagi hari libur banyak muda-mudi yang datang kesana untuk sekedar foto dan menikmati alam puncak jojok telu.

Jojok Telu, kata dia berasal dari dua suku kata, yaitu Jojok berarti sudut dan Telu merupakan bahasa Jawa yang berarti Tiga.

“Jadi Jojok Telu adalah tiga sudut. Ini karena lokasi itu merupakan titik pertemuan dan perbatasan tiga Desa, yaitu Karanggintung, Cinangsi dan Karang Anyar” imbuhnya.

Pengelolaan wisata Jojok Telu sejauh ini memanfaatkan Dana Desa (DD) sebagai pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Mumpung masih ada Dana Desa, kami memanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengembangkan BUMDes” tegasnya.
Lebih lanjut disampaikan, ini adalah peluang besar untuk mengembangkan BUMDes dalam bidang Pariwisata.

Diharapkan nantinya mampu memberikan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarat. Sehingga kami terus mendorong agar Pemerintah Desa Karanggintung mampu mewujudkan Desa Wisata (Dewata) Puncak Jojok Telu.

Tanggapan antusias dan optimis oleh Pemdes  dibuktikan dengan memasukan Puncak Jojok Telu/ Dewata ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) 2019 dan merupkan salah satu visi misi Kepala Desa terpilih 20 Februari 2019 lalu.

Aris Yulianto, Sekdes Karanggintung mengungkapkan bahwa Jojok Telu dijadikan Progam Jangka Menengah Desa Karanggintung tahun 2019 - 2025.  

“Untuk mewujudkan mimpi besar ini membutuhkan tekad kuat dan modal yang cukup besar, serta harus berkordinasi dengan semua pihak terkait sebaik mungkin” katanya.

Rencana modal awal BUMDes bidang Pariwisata, disediakan oleh Pemerintah Desa bersumber dari DD.

Namun imbuh dia jika hanya mengandalkan DD sangat berat sehingga  Pemdes berharap ada investor yang mau mendukung pembangunan Jojok Telu sebagai destinasi wisata kebanggaan warga Cilacap umumnya dan Karanggintung pada khususnya.

“Kami membuka seluas-luasnya kepada semua pihak yang mau menginvestasikan dan peduli membangun Dewata Karanggintung”  terangnya.

Sementara itu untuk mencapai Jojok Telu kata Kadiyanto, cukup mudah.

“Dari Jalan Raya Karanganyar – Cinangsi sebelum Pasar Desa Cinangsi belok kiri menuju Balai Desa Karanggintung. Pengunjung selanjutnya masuk gang balai Desa Karanggintung ke arah selatan dan mengikuti jalan tersebut. Dalam waktu lima menit bermotor sudah sampai ke lokasi” pungkasnya. (Sandy)

(#1 views)

          Share on Facebook

(0)

LAYANAN KAMI

...

AGENDA

March 2019
MSSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31