Berita

Ratusan Siswa SD Alirsyad 02 Cilacap Ikuti Simulasi Gempa dan Tsunami

12 Oktober 2018 - Berita

YES RADIO, Cilacap : Upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana terus dilakukan masyarakat dari berbagai kalangan di Kabupaten Cilacap.


Tidak terkecuali kalangan pendidikan seperti di SD Alirsyad 02 Cilacap para siswa dan guru memraktekkan simulasi evakuasi bencana gempa dan tsunami, Jumat (12/10/2018).


Kegiatan dipusatkan di komplek SD Alirsyad 02 di Jalan Cerme,  Kelurahan Sidanegara,  Kecamatan Cilacap Tengah.


Proses belajar mengajar yang tengah berjalan normal pagi itu tiba-tiba dikejutkan guncangan keras yang dirasakan seluruh warga sekolah.


Bersamaan dengan itu terdengar sirine tanda peringatan terjadinya gempa yang disebut berkekuatan 7,9  Skala Richter (SR).


Para siswa bersama guru dan seluruh karyawan segera melakukan evakuasi dengan menutupi bagian kepala sambil berangsur keluar ruangan menuju titik kumpul di halaman sekolah.


Informasi selanjutnya yang menyebutkan gempa berpotensi tsunami kembali direspon dengan instruksi evakuasi vertikal ke gedung tinggi.


Gedung SD Alirsyad 02 yang memiliki tiga lantai dan dinyatakan aman kembail diserbu para siswa dan guru untuk evakuasi.


Setelah gelombang surut pihak sekolah segera melakukan pendataan kerusakan termasuk korban  akibat gempa dan tsunami menandai berakhirnya simulasi.


Plt Kepala UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Kota  Andi Susilo yang memandu simulasi ini mengapresiasi antuasiasme dan keseriusan para siswa dalam simulasi.


“Hal ini menjadi modal penting dan selalu diingat para siswa sebagai prosedur penyelamatan saat terjadi yang sesungguhnya” ujar Andi.


Senada  Wakil Kepala SD Alirsyad 02 Cilacap bidang Kurikulum dan Kesiswaan Endah Suprihatin menyatakan dengan simulasi ini diharapkan para siswa guru dan karyawan sekolah memiliki pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.


“Kami  perlu melakukan simulasi mengingat 694 siswa-siswi berada di sekolah selama 8 jam dalam 5 hari seminggu. Sehingga keberadan dan keselamatan siswa menjadi tanggung jawab sekolah” ungkap Endah.


Sementara itu bagi Puspa, siswi kelas IV keikutsertannya dalam simulasi menjadi pengalaman yang tidak terlupakan termasuk bagaimana melakukan evakuasi.


“Iya tadi melindungi kepala pakai tas, terus disuruh lari ke tempat yang tinggi”katanya. (san)


(#1 views)

          Share on Facebook

(0)

LAYANAN KAMI

...

AGENDA

December 2018
MSSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031